-->
Ki-Tecno

follow us

Cara Mudah Mengembalikan File, Foto Dan Data Penting Yang Terhapus di Android

Mengembalikan file, foto dan data data penting yang terhapus di android - Mengembalikan file yang terhapus secara tidak sengaja ataupun di sengaja di hp android agar file tersebut bisa di akses kembali cara ini saya dapatkan berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu internet tentang tips android yang akan menjelaskan agar file, foto, data yang terhapus bisa di selamatkan jadi kalian tidak perlu kuatir jika file tersebut terhapus dari hp android kamu.
Cara mudah mengembalikan data yang hilang di hp android
Cara mudah mengembalikan data yang hilang di hp android 

Pada hp android pada umumnya memiliki 3 jenis penyimpanan ya itu penyimpanan internal, eksternal juga penyimpanan cloud data yang bisa kamu gunakan, biasanya sebuah file, foto atau data penting akan di simpan di memory internal atau eksternal jadi sudah wajar jika kalian tidak sengaja menghapus file tersebut.

Misalnya saja saya memilih beberapa foto dan saya tidak sengaja menghapus foto yang saya sukai hal tersebut menjadi sesuatu yang ingin saya kembalikan dan pastinya saya akan mencari cara agar foto tersebut bisa di kembalikan.

Mengembalikan data yang hilang itu sangat mudah loh sobat kamu hanya perlu mengikuti langkah langkah yang akan saya berikan pada cara android pada kali ini karena menurut saya caranya cukup efektif dan sangat berguna untuk mengembalikan foto, file dan data penting milik kamu yang terhapus secara tidak sengaja maupun di sengaja.


Bagaimana Cara Mengembalikan File, Foto dan Data Penting Yang Terhapus?

Untuk kamu yang memiliki masalah seperti ini sebaiknya engga usah panik ya karena file yang terhapus di hp android itu bisa di kembalikan loh.

Tentu aja bisa di kembalikan android itu sama saja seperti komputer pada umumnya jadi jika kamu memiliki sesuatau yang di hapus maka akan tersimpan di kotak sampah kamu hanya tinggal mengaksesnya kembali untuk mengembalikan file yang terhapus tersebut tapi di sini kamu memerlukan aplikasi tambahan agar kamu bisa mengakses kotak sampah tersebut.

Karen pada umumnya file yang terhapus menjadi sesampah yang pernah ada dan jika kamu belum membersihkannya dengan aplikasi cleaner yang bisa kamu download di playstore maka semua foto, file atau data penting yang kamu perlukan bisa di kembalikan.

Nah untuk kamu yang ingin menghapus file sesampah tadi di sini kamu pernah bikin artikel terkait yang membahas aplikasi cleaner kamu bisa baca secara detail di artikel ini : 

Untuk kamu yang udah penasaran agar data yang terhapus tadi bisa di kembalikan sebaiknya kamu jangan ulangi lagi apa saja yang bisa membuat foto, file dan data penting milik kamu bisa terhapus dari hp android kamu karena jika kamu udah clear dengan menggunakan aplikasi pembersih sesampah maka otomatis data data tersebut tidak akan bisa di akses kembali.

Perhatikan apa saja yang bisa membuat data penting kamu terhapus :
  • Kamu sengaja menghapusnya
  • Kamu tidak sengaja saat memilih file yang ingin di hapus ternyata file lain ikut terbawa
  • Data yang kamu simpan hilang saat kamu meroot android milik kamu
  • Data yang di simpan hilang saat flashing
  • Kembali ke pengaturan pabrik dan datanya menjadi hilang
Dari pengalaman yang pernah saya lakukan secara tidak sengaja hal hal berikut akan bisa membuat data yang kamu miliki hilang jadi harap lebih berhati hati ya.


Cara Paling Efektif Mengembalikan Foto, File dan Data Penting Yang Terhapus Untuk Perangkat Android Belum di Root

Untuk kamu yang punya hp android belum di root dan ingin mengembalikan data data penting yang sudah di hapus di hp android berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar data tersebut bisa kembali.

Jadi jangan kuatir jika foto ,file, data penting yang ada pada hp android kamu terhapus karena kamu masih bisa melakukan beberapa cara yang sangat efektif untuk mengembalikan data tersebut.

Ada aplikasi yang cukup bagus keluaran dari piriform yang bisa membantu kamu mengembalikan data yang terhapus pada hp android milik sobat namun sayangnya kamu harus menginstalnya menggunakan komputer.

Aplikasi tersebut bernama Recuva hebatnya aplikasi ini bisa mengembalikan file, foto dan data penting yang sudah di hapus pada hp android jadi kamu engga perlu panik jika kehilangan data tersebut pada smartphone milik kamu.
Gunakan Recuva Professional Untuk Akses Yang Lebih Baik
Gunakan Recuva Professional Untuk Akses Yang Lebih Baik

Sebelumnya kamu harus download dulu aplikasi Recuva di sini :Recuva

oke jika udah download berikut ini langkah langkah mengembalikan data yang terhapus pada hp android:

  • Install terlebih dahulu aplikasi recuva pada komputer sobat.
  • Setelah di instal pastikan kamu telah menghubungkan hp android kamu ke komputer dengan menggunakan kabel usb.
  • Setelah itu kamu bisa langsung pilh  jenis file apa yang ingin kamu kembalikan atau kamu juga bisa memilih semua jenis file yang ada pada penyimpanan SD card.
  • Tentukan jenis file yang mau di kembalikan atau kamu bisa pilih In a Specific Location untuk memilih lokasi memori atau kamu juga bisa pilh I'm Not Sure di kala kamu lupa lokasi data yang ingin kamu kembalikan tadi.
  • Kamu bisa tekan centang pada Enable Deep Scan untk pencarian file secara lebih mendalam.
  • Selanjutnya kamu hanya tinggal klik start dan tunggu sampai semua file yang terhapus di kembalikan.
  • Setelah recuva menemukan file yang terhapus tadi kamu tinggal pilih file mana yang ingin kamu kembalikan dengan cara mengklik centang dan pilih recoved checked.
  • Setelah itu kamu tinggal tentukan dimana kamu akan simpan file yang sudah di kembalikan tadi dan klik ok.
  • Pindahkan file yang sudah di simpan pada komputer milik sobat ke hp android.
  • Selesai deh.
Recuva Professional
Recuva Professional


Itu dia cara agar semua data penting milik kamu bisa di selamatkan di hp android cukup mudah bukan, nah untuk kamu yang suka teledor sebaiknya jangan lupa lanjutkan tips penting di bawah ya.

Membackup Foto, File dan Data Penting di Hp Android

Membackup data penting yang ada di hp android sangatlah cara cerdas karena hp Android itu rentan banget terkena flash atau bootloop  yang mendadak banget pastikan sebelum hal itu terjadi kamu sudah membackup data data penting milik kamu ya sobat.

Berikut ini cara membackup foto, file dan data penting lainnya tanpa menggunakan aplikasi tambahan:

1.Jangan Lupa Backup di Komputer
Kalo kamu suka foto atau memilik file penting yang harus kamu jaga sebaiknya jangan pernah lupa untuk selalu menyediakan backup atau di sebut juga simpanan tambahan karena fungsinya sangat bermanfaat di kala kamu kehilangan file tersebut kamu bisa mengaksesnya kembali kalo kamu punya backupannya.

Pastikan kamu telah menyimpan foto, file dan data penting lainya pada komputer kamu ya sobat karena dengan menyimpan backup pada komputer akan memberikan ruang yang cukup besar.

2.Backup Data di Cloud
Selain di komputer kamu juga bisa backup data melalui cloud ya sobat nah di sini ada beberapa cara untuk menyimpan cloud secara gratis.

Biasanya di hp android sudah memiliki akun cloud yang di berikan secara gratis jadi kamu hanya tinggal membuat akun tersebut dan otomatis data kamu akan di upload ke penyimpanan cloud itu sendiri.

Oh ia aku pake hp xiaomi jadi aku tinggal bikin akun cloudnya aja dan data data di hp android milik ku bisa di simpan deh dan jika terhapus aku tinggal pilih aja yang mana yang ingin di kembalikan, btw aku pernah nyoba loh backup data foto pada penyimpanan cloud ini dan menurut aku sangat bermanfaat banget dan tidak memakan ruang penyimpanan.

Kamu juga bisa backup via email caranya ya kamu tinggal kirim aja pesan ke email pribadi kamu biasanya cara ini saya gunakan di kala saya menyimpan sebuah file atau data word, pdf.

jadi kalo saya butuh saya tinggal akses via email aja wah mudah kan.

3.Backup di Sosial Media
Fungsi sosial media udah berkembang banget ya sobat selain kamu bisa menggunakannya sebagai tempat mencurahkan isi hati ternyata bisa juga di gunakan untuk backup data penting milik kamu.

biasanya sih saya menggunakan aplikasi line atau whatsapp untuk membackup foto atau video dan saya menggunakan aplikasi facebook untuk membackup data txt, pdf, rar agar bisa di akses kembali.

4.Simpan Data di SD Card

Selain itu kamu bisa backup di sd card karena internal itu sifatnya rawan saya merekomendasikan kamu untuk backup data di sdcard karena jika kamu flashing dan kamu menghapus semua data otomatis data yang hilang adalah data yang ada di internal makanya kamu jangan simpen data penting di internal.

selain itu menyimpan data di sd card dapat mengurangi penyimpanan internal kamu wah jadi makin gede dong space memory internal kamu tuh sob.

Menjaga kemanan data itu sangat penting loh sobat karena jika kamu teledor kamu bisa bikin ulang dari awal bahkan kebanyakan orang yang datanya terhapus akan sangat menyesal karena udah cape cape bikin dan tiba tiba saat di butuhkan datanya hilang gitu aja wah pasti kamu nyesel banget kan.

itu dia beberapa cara yang pernah saya lakukan untuk mengembalikan data dan membackup data agar apa yang saya butuhkan tetap aman.

Wah jika foto, file atau data penting milik kamu bisa di kembalikan kamu tidak perlu repot repot bikin ulang dong hehe.

Oleh karena itu menghilangkan sifat teledor agar data kamu tidak terhapus begitu saja sangat penting karena jikda terhapus tidak sengaja siapa tuh yang mau tanggung jawab ? nah makanya jangan di ulangi lagi ya sobat.

Mungkin tips tentang mengembalikan foto, file dan data penting ini cukup sederhana kamu bisa langsung coba tuh di komputer kamu.


Artikel Serupa Yang Mungkin Kamu Suka: